Tuesday, November 05, 2013

Makna Muharram Sebagai Tahun Baru Islam


Makna Muharram Sebagai Tahun Baru Islam. Kalau tahun masehi  penetapan penanggalannya, ditandai dengan kelahiran nabi Isa sebagai pembawa ajaran. Sedangkan tahun baru Islam ditandai dengan sebuah peristiwa heroik. Yakni, peristiwa hijrahnya nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah.

Lahirnya, penanggalan itu, didasarkan pada kebutuhan, ketika itu, Umar Bin khatab sebagai khalifah / kepala pemerintahan, merasa kesulitan untuk mencatatkan agenda kenegaraan, karena ada beberapa versi yang digunakan, seperti menggunakan dasar penanggalan tahun gajah, tahun masehi dll.
Setelah Musyawarah, dan atas saran dari Ali bin Thalib karamallahu wajhahu, maka Khalifah Umar ibnu al-Khattab pun, akhirnya menetapkan 1 Muharram sebagai tahun baru Islam.
Makna Muharram Sebagai Tahun Baru Islam bagi kita semua :
  1. Untuk menghindari kultus individu, maka penentuan tahun baru itu, bukan didasarkan pada kelahiran, tetapi pada peristiwa, ini menunjukkan Islam sebagai agama yang progresif, bergerak maju, tidak stagnan, dia bergerak dari satu peristiwa ke peristiwa lain, sesuai kebutuhan zaman, kebutuhan tempat dan kebutuhan manusia pada saat itu.
  2. Hijrah itu sendiri artinya berpindah, bisa jadi berpindah dari satu tempat ke tempat lain, atau berpindah dari suatu peristiwa ke peristiwa lain, atau berpindah dari perilaku yang satu ke perilaku lain, yang inti dari perpindahan itu, menuju pada hal yang lebih baik dari sebelum perpindahan. Jadi, jika umat Islam stagnan pada satu kondisi, apakah perilaku, kondisi, dan wilayah dan tidak menunjukkan perubahan pada sesuatu yang lebih baik, maka sesungguhnya, dia telah meninggalkan ruh, hijriah itu sendiri.
  3. Muharram itu sendiri, artinya yang diharamkan atau sangat dihormati. Pada bulan haram itu, -umat Islam memiliki empat bulan Haram-, umat Islam diharamkan untuk berperang, pada bulan itu, genjatan senjata dilakukan, dengan kata lain, semangat muharram adalah semangat perdaiamaian. Sehingga mereka yang mengenal esensi tahun hijriah yang dimulai pada satu muharram, adalah mereka yang memiliki kesadaran akan perdamaian, bersifat kasih sayang pada seluruh umat manusia, menjadikan kehadirannya sebagai berkah bagi alam semesta.
  4. Sebagai inti dari seluruh ajaran Islam, dalam konteknya hijriah, adalah perubahan pada sesuatu yang menuju pada kebaikan, pada kemajuan dan kemanfaatan bagi seluruh manusia, pada seluruh alam semesta dengan semangat damai sejahtera, penuh kasih sayang, sehingga tujuan Allah menurunkan Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamien itu –rahmat bagi alam semsta- itu dapat diwujudkan oleh para pemeluknya…. Wallahu A’lam bish-shawab.
Selamat Tahun Baru Islam 1435 H
Referensi : http://lifestyle.kompasiana.com/


  1. Thanks telah mampir, .. Apa komentar sobat tentang artikel ini ??
  2. Bila Berkenan Tolong share/bagikan dengan tombol share di atas.
  3. Gratis langganan Artikel,silahkan klik Subscribe to Link Tea by Email, atau masukan emailnya disidebar yg telah disediakan..

Sobat sedang membaca artikel Makna Muharram Sebagai Tahun Baru Islam, bila berkenan silahkan share artikel ini dengan tombol share di atas. Bila mau COPAS untuk di blog sobat, mohon letakkan link aktif sebagai Sumbernya dengan copy kode di bawah ini.

556 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 556   Newer›   Newest»
obat sirosis hati on November 5, 2013 at 9:01 AM said... Reply

mdh"an tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.. aamiin :)
selamat tahun baru Islam

Kurupuk Seuhah on November 5, 2013 at 9:39 AM said... Reply

Aneh memang.. peringatan 1 Muharram kalah meriah dibanding 1 Januari.. padahal umat di negeri ini konon diatas 90 %..

pengobatan kencing batu on November 5, 2013 at 10:43 AM said... Reply

terima kasih utk artikelnya..
sangat bermanfaat

Cara Pengobatan Darah Tinggi Secara Mujarab on November 5, 2013 at 11:31 AM said... Reply

terimakaih Gan, infonya sangat bagus....

Obat Untuk Penyakit Gudik on November 5, 2013 at 11:39 AM said... Reply

selamat 1 muharram.. semoga hari-hari yang akan datang, lebih baik dari hari-hari yang telah lalu... semoga apa yang dicita-citakan selama ini dan belum terwujud di tahun kemarin, bisa terwujud di tahun ini... dan semoga kita semua selalu diberi nikmat sehat oleh Allah SWT, Amin....

terimakasih atas informasinya, bagus dan bermanfaat. ditunggu informasi selanutnya. sukses semangat !!

obat penyakit asam lambung on November 5, 2013 at 1:42 PM said... Reply

sepatutnyalah sebagai orang muslim kita kita merayakan tahun baru hijriyah

Cara Menyembuhkan TBC on November 5, 2013 at 1:46 PM said... Reply

informasinya keren, thanks

Chart Tangga Lagu Indonesia Terbaru November 2013 on November 5, 2013 at 2:10 PM said... Reply

bagus dan keren sekali nih gan informasinya sangat membantu

obat tradisional asam urat on November 5, 2013 at 3:19 PM said... Reply

oke thanks infonya http://goo.gl/SDiHDa

pengobatan gagal ginjal on November 5, 2013 at 3:22 PM said... Reply

selamat tahun baru.. :D
mdh"an thn ini lebih baik dr thn kemarin. aamiin

Yogi Marsahala on November 5, 2013 at 8:05 PM said... Reply

adanya Tahun baru merupakan salah satu cara memaknai dan merenungkan hidup apa yang sudah dilakukan tahun ini dan apa yang akan dicapai tahun depan, komentar juga dong di blog saya www.goocap.com

obat syaraf kejepit on November 6, 2013 at 8:43 AM said... Reply

makasih utk artikelnya
sukses trus sob

Booth Pameran on November 6, 2013 at 9:39 AM said... Reply

Perayaan 1 muharam memang hendaknya jauh dari kemeriahan berlebihan, cenderung khusyuk. Ditempat saya perayaan dilakukan dengan pawai obor santri2.

obat radang sinusitis on November 6, 2013 at 10:48 AM said... Reply

artikelnya bagus, nambah wawasan,, thanks ya

obat tradisional asam urat on November 6, 2013 at 11:12 AM said... Reply

oke thanks infonya http://goo.gl/SDiHDa

obat untuk menyembuhkan peyakit cacar air on November 6, 2013 at 11:59 AM said... Reply

terimakasih informasi nya bagus,,ditunggu informasi selanjutnya yang lebih menarik dan lebih bagus daripada yang ini. salam semangat ajah deh..

obat asam urat on November 6, 2013 at 12:47 PM said... Reply

makasih atas informasinya ya, bermanfaat sekali

obat kanker payudara on November 6, 2013 at 3:35 PM said... Reply

obat kanker payudara

http://goo.gl/3mhFx

obat liver on November 6, 2013 at 3:40 PM said... Reply

thanks udh share

Danang Kusuma on November 6, 2013 at 6:57 PM said... Reply

mantap lagh pokoknya artikelnya,
mampir donk gan ke http://dananxkusuma.blogspot.com/ :)

Obat Alami Penyakit Hepatitis B on November 6, 2013 at 8:24 PM said... Reply

Terimakasih atas informasinya

cara mengobati darah tinggi on November 6, 2013 at 8:47 PM said... Reply

makasih atas informasinya

Tes TOEFL Online on November 6, 2013 at 10:43 PM said... Reply

Kaum muslim jangan pernah iri dan berkata, "Kenapa tahun baru masehi meriah sekali, tetapi ketika tahun baru hijriah biasa2 aja". Karena memang itu semua tidak diajarkan dalam islam, apalagi tindak pemborosan seperti membakar kembang api yang harganya jutaaan. Kita hanya memperingati saja tahun baru hijriah dan bukan merayakan, karena hari raya islam hanya 2, idul fitri dan idul adha.

Obat Herbal Untuk Herpes Genital on November 7, 2013 at 9:31 AM said... Reply

selamat tahun baru islam..:)

Obat herbal diabetes mellitus on November 7, 2013 at 10:28 AM said... Reply

Semoga kita sebagai umat islam bisa memaknainya dengan baik.

Obat herbal insomnia on November 7, 2013 at 10:37 AM said... Reply

Waktu berjalan begitu cepat...
selamat tahun baru hijriah juga gan.

Obat alami kanker hati on November 7, 2013 at 10:45 AM said... Reply

Selamat tahun baru hijriah semoga di tahun berikut nya kita masih di beri kesempatan untuk bertemu lagi.

Obat alami kanker payudara on November 7, 2013 at 11:05 AM said... Reply

kenapa yah perayaan tahun baru hijriyah tidak semeriah tahun baru nasional padahal mayoritas warga indonesia itu muslim.

Obat Untuk Penyakit Sinusitis on November 7, 2013 at 11:10 AM said... Reply

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas apa yg telah disampaikan sangat bagus dan bermanfaat.. ditunggu informasi selanjutnya yang lebih bagus dan lebih menarik lagi. Salam sukses ajah.

pengobatan asam urat on November 7, 2013 at 2:26 PM said... Reply

makasih utk infonya. bermanfaat bgt

cara mengobati tumor payudara on November 7, 2013 at 10:19 PM said... Reply

thanks utk informasinya, sangat bermanfaat

pengobatan asam lambung on November 8, 2013 at 9:06 AM said... Reply

thanks udh berbagi informasinya

Obat alami penyakit kanker hati on November 8, 2013 at 10:00 AM said... Reply

Terimaksih atas informasinya

Obat Herbal Untuk Gula Kering on November 8, 2013 at 10:09 AM said... Reply

semoga di muharram ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik,,

Obat Untuk Penyakit Kolesterol on November 8, 2013 at 10:43 AM said... Reply

mau tanya, tapi yang mau ditanyainnya apa?.. ikut nyimak aja deh,, terimakasih atas informasinya bermanfaat . ditunggu yah informasi selanjutnya. sukses semangat !!

Hidup Islam... Mari berlomba-lomba dalam kebaikan !!

obat asam urat on November 8, 2013 at 12:44 PM said... Reply

thanks udh share artikelnya

obat liver on November 8, 2013 at 1:58 PM said... Reply

artikelnya sangat bermanfaat, thanks

obat epilepsi on November 8, 2013 at 3:20 PM said... Reply

terimakasih atas informasinya

Cara Menyembuhkan Stroke on November 8, 2013 at 3:41 PM said... Reply

informasinya bermanfaat sekali thnaks.

cara mengobati tumor payudara on November 8, 2013 at 8:43 PM said... Reply

thanks utk infonya ya,, bermanfaat sekali

LeadCaptor on November 9, 2013 at 12:45 AM said... Reply

Menjadi insan yang lebih baik wajib untuk dilakukan, apabila tidak ingin menjadi manusia yang merugi.

Obat Untuk Penyakit Eksim on November 9, 2013 at 11:05 AM said... Reply

Terimakasih atas informasinya bermanfaat,, gak mau koment panjang lebar, disini saya cuma ikut nyimak apa yang ada diatas. ditunggu terus informasi selanjutnnya yang lebih menarik dan lebih bagus lagi. salam semangat !!

Toko Top on November 9, 2013 at 11:08 AM said... Reply

Subhaanallah
Kalau Orang jawa bilang syuro ya'ni muharrom itu bulan sakral

obat sipilis on November 9, 2013 at 11:41 AM said... Reply

makasih banyak sob, sudah membantu

obat wasir on November 9, 2013 at 11:42 AM said... Reply

makasih banyak gan, artikelnya sangat bermanfaat sekali

dimas on November 9, 2013 at 1:02 PM said... Reply

info sangat membantu sekali terimakasih mas
Rental Mobil Jogja, Xenia, Avanza, Apv Rp. 150.000,- Wisata Jogja Rp. 150.000,- fasilitas Mobil + Driver + Hotel full service. Hub kami 0274-788.1681 / 0857.2928.2928 / 0812.1554.1554 / BB pin:230C5DC1. Hanya ada di Satrio Langit Transport, Rental Mobil Jogjaterpercaya.

Kunjungi Kami on November 10, 2013 at 12:44 AM said... Reply

Manusia terbaik adalah manusia yang hijrah ke tempat yang terbaik.
Kunjungi website kami untuk belajar TOEFL.

mebel jepara on November 10, 2013 at 2:36 AM said... Reply

Mkasih infonya gan,,
sukses selalu ya,,

belajar seo on November 10, 2013 at 5:04 PM said... Reply

wah byk ya ng saya tau seperti adanya bulan genjatan senjata berarti waktu itu di jaman nabi tidak blh kan perang kan? subahanallah

Download game dan software terbaru 2013 on November 10, 2013 at 5:06 PM said... Reply

selamat tahun baru sob,semoga di tahun ini lebih baik,ane sendiri sdg berusaha tobat sob,semoga allah memberi rahmatnya pd saya pd tahun 1435 h ini aminnn

aray satiya on November 10, 2013 at 6:35 PM said... Reply

jadi lebih tahu sekarang .. terima kasih ya ..

jasa pembuatan software akuntansi on November 10, 2013 at 10:08 PM said... Reply

SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYYAH 1435 H
Semoga Kita sll menjadi org yg beruntung

obat asam urat on November 11, 2013 at 7:49 AM said... Reply

terima kasih bnyk utk informasinya,, sangat bermanfaat :)

obat herbal gatal-gatal on November 11, 2013 at 8:24 AM said... Reply

kebanyakan orang itu hanya numpang berkomentar saja tanpa membaca postingannya.. padahal jika di baca dan di simak baik-baik artikel ini sangat bagus dan sayang sekali jika hanya di komentari tanpa di baca.

Sedot WC Surabaya Selatan on November 11, 2013 at 10:46 AM said... Reply

Makasih sudah berbagi Ilmu Sob,
Maju teruuus,,,:)

Sedot WC Surabaya Timur on November 11, 2013 at 10:51 AM said... Reply

setelah membaca artikel Anda, di sini Saya menyimpulkan bahwa Islam memang Agama yang sempurna

wsc biolo obat pelangsing on November 11, 2013 at 11:20 AM said... Reply

kalau bukan kita yang mengagungkan tahun baru islam siapa lagi

Obat Untuk Penyakit Tumor Lambung on November 11, 2013 at 11:29 AM said... Reply

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas informasinya, menambah pengetahun untuk saya, gak mau koment panjang-panjang soalnya bingung apa yang mau dikoment dari isi diatas, soalnya tiap mau koment yang ada informasinya ini terus,, jadi bingung juga mau koment apa lagii y.. jujur sih, pengen dpt backlink tujuannya. . ditunggu aja informasi selanjutnya yang baru, menarik, dan pastinya harus berkualitas isinya. jangan ini-ini terus,, hehe maaf :)

pengobatan luka lambung kronis on November 11, 2013 at 2:34 PM said... Reply

동해 (오빠) 동해 (오빠)

cara mengobati diabetes melitus on November 11, 2013 at 10:13 PM said... Reply

makasih udh share artikelnya

Obat Alternatif Penyakit Polip Hidung on November 12, 2013 at 7:20 AM said... Reply

yang penting koment, berharap dapet backlink, hahahah

pengobatan herpes on November 12, 2013 at 8:48 AM said... Reply

thanks utk informasinya, bermanfaat

Pengobatan herbal penyakit asma on November 12, 2013 at 10:10 AM said... Reply

Terimakasih gan atas informasi yang akurat, tajam dan terpercaya ini. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan yang lebih untuk semua pembaca khususnya saya sendiri.. sumpeh dah ane salut sama postingan agan yang satu itu, baguss beneerrr, jadi ngiri
Sukses selalu dah gan buat ente, berikan terus informasi yang menarik seperti ini

obat liver on November 12, 2013 at 10:50 AM said... Reply

makasih bnyk ya, sukses trus utk websitenya

Obat kutil kelamin ampuh on November 12, 2013 at 10:56 AM said... Reply

mantep bgt blognya.. sukses selalu ya sobb

Obat Untuk Penyakit Tumor Rahang on November 12, 2013 at 11:11 AM said... Reply

Sebelumnya saya ucapkan terimaskasih atas informasinya,, disini saya cuma ikut nyimask ajah lumayan sedikit memberi pengetahuan. terus,, saya juga mau tanya tapi pertanyaannya diluar pembahasan. langsung aja ya . Bagaimana caranya supaya blog saya bisa sama kaya blog agan, bagus, banyak pengunjung, banyak yang koment. apa trik nya?? kasih tau yaah pasti tau laah... soalnya saya masih baru-baru nih blum ngrti apa-apa. ok ok.. mksih :)


selamat ngbubur suro aja deh yaah..

jamu cepat hamil on November 12, 2013 at 9:23 PM said... Reply

makasih ya atas infonya

cara mengobati asam lambung on November 12, 2013 at 10:52 PM said... Reply

당신은 괜찮아요?

Obat herbal Penyubur kandungan on November 13, 2013 at 9:55 AM said... Reply

wah wah wah ,, tergagum kagum ane gan liat postingan agan yg satu ini, bahasanya sederhana, ringkas,jelas dan padat. Informasi yang di berikan juga sangat bagus. 6 jempol dah gan buat postingan agan yg ini.. bener2 luar biasa. boleh ni ane belajar sama agan biar bisa posting sebagus ini. :)
oke dah gan jangan panjang2 komentarnya, pokonya te ope begete dah buat ente gan.. Posting terus dah artikel yang bagus dan berkualitas seperti ini bahkan lebih bagus lagi dari ini..

obat epilepsi on November 13, 2013 at 10:20 AM said... Reply

thanks artikelnya ^^

Erik Herbal on November 13, 2013 at 11:30 AM said... Reply

ikut baca info yang ini gan..

obat syaraf kejepit on November 13, 2013 at 12:29 PM said... Reply

makasih bnyk utk infonya

resep kuliner on November 13, 2013 at 2:08 PM said... Reply

1 muharram itu hari yang sangat penting bagi umat islam .

thanks atas informasi dan ilmunya

obat radang sinusitis on November 13, 2013 at 2:20 PM said... Reply

makasih udh share artikel" bermanfaatnya

jamu kuat on November 13, 2013 at 2:21 PM said... Reply

http://t.co/eAkefvnxCO terima kasih

Bagus Murah on November 13, 2013 at 4:14 PM said... Reply

semoga kita bisa hijrah kepada yang lebih baik ukhti ikhwan, Amin

Cara ampuh mengobati penyakit miom on November 14, 2013 at 8:10 AM said... Reply

Saya ucapkan terimakasih atas informasi yang anda berikan ini, meskipun singkat tetapi informasi ini sangat bermanfaat untuk semuanya khususnya untuk saya sendiri.
Sampaikan terus informasi teraktual yang sedang membooming :)

Obat Untuk Penyakit Radang Sendi on November 14, 2013 at 9:57 AM said... Reply

selamat pagi menjelang siang,, semoga kita selalu berada dalam lindungannya. sukses semangat !!

obat kolesterol dan trigliserida on November 14, 2013 at 10:47 AM said... Reply

makasih ya, artikelnya bermanfaat

Pengobatan Penyakit Gula Basah on November 14, 2013 at 11:10 AM said... Reply

thanks share informasinya bagus dan bermanfaat..!!

arip saepudin on November 14, 2013 at 3:48 PM said... Reply

informasi yang bermanfaat terimakasih Gan..

obat epilepsi on November 14, 2013 at 3:59 PM said... Reply

thanks udh share

jelly gamat gold-g on November 14, 2013 at 4:47 PM said... Reply

makasih banyak infonya :)

obat mandul tradisional on November 14, 2013 at 4:48 PM said... Reply

makasih atas infonya sangat menarik http://goo.gl/ExLQY6

cara mengobati jantung bocor on November 14, 2013 at 10:48 PM said... Reply

미안하고 감사합니다 :D

Penyembuhan Setelah Operasi Caesar on November 14, 2013 at 11:14 PM said... Reply

blog yang amat sangat luar biasa

keputihan berbau on November 14, 2013 at 11:15 PM said... Reply

selamat hari raya dan tahun baru yaaa

iskandar on November 15, 2013 at 5:25 AM said... Reply

kenapa ya kalau tahun baru islam tidak seramai tahun baru masehi, padahalkan umat islam dianjurkan untuk merayakannya

tipspowerful on November 15, 2013 at 5:27 AM said... Reply

saya doakan semoga page rank blog ini meningkat jadi 4. aamin

obat radang sinusitis on November 15, 2013 at 7:37 AM said... Reply

makasih udh share info-info bermanfaatnya :)

Atasi Penyakit Penis Loyo on November 15, 2013 at 7:45 AM said... Reply

Informasi ini sangat bagus dan bermanfaat sekali bagi semua pembacanya, terimakasih telah memberikan informasi yang sangat berharga ini. Sukses selalu gan

Obat Herbal Asam Urat on November 15, 2013 at 9:51 AM said... Reply

Terima kasih banyak gan, mudah"an PR blog ini making tinggi.

goo.gl/9Vjgk7

Tips Hamil Cepat on November 15, 2013 at 10:13 AM said... Reply

makasih gan info sangat membantu saya mempelajari peristiwa2 yang pernah terjadi dalam perjalanan islam

obat epilepsi on November 15, 2013 at 10:40 AM said... Reply

makasih udh share infonya,, sngt bermanfaat

Pengobatan Penyakit Kanker Usus on November 15, 2013 at 11:25 AM said... Reply

Artikelnya mantaap buat pengetahuan semoga sukses !!

obat asam urat on November 15, 2013 at 1:03 PM said... Reply

makasih atas infonya sob

Cindy Agnesta on November 15, 2013 at 1:33 PM said... Reply

semoga tahun ini dan tahun tahun kedepannya jadi lebih baik dari pada tahun tahun sebelumnya..........
Amiiin.

ocid on November 15, 2013 at 1:35 PM said... Reply

bukan hanya tahun baru masehi saja yang patut kita rayakan tahun baru islam juga perlu semoga lebih baik lagi ditahun yang baru ini!!

Hybrid cars on November 15, 2013 at 1:39 PM said... Reply

Berkunjung saja bos. lama nggak mampir... :)

Firman Dredout on November 15, 2013 at 1:57 PM said... Reply

terimah kasih atas info.a sob, semoga tahun baru islam tahun depan makin rame lagi, amin.

hendiyana ace max on November 15, 2013 at 3:00 PM said... Reply

terimakasih atas infonya gan

obat penyakit kulit on November 15, 2013 at 3:25 PM said... Reply

makasih infonya ya :D sangat bermanfaat sob

Cara Menyembuhkan Penyakit ISK on November 15, 2013 at 3:28 PM said... Reply

mudah-mudahan jadi pribadi yang lebih baik lagi..

Candra Saputra on November 15, 2013 at 3:44 PM said... Reply

salam kenal gan, silahkan kunjungi balik saya gan di http://aa-canssetiaku.blogspot.com/
semoga bermanfaat

Obat asam urat alami on November 15, 2013 at 4:18 PM said... Reply

Terima kasih infonya. Sangat bermanfaat.
http://goo.gl/nUsNK3

cara mengobati jantung bocor on November 15, 2013 at 9:05 PM said... Reply

영원히 행복하게... fighting !! :D

7liveasia on November 15, 2013 at 9:18 PM said... Reply

thanks nice post

7LIVEASIA on November 15, 2013 at 9:44 PM said... Reply

makasih ya bos..

INFOUNIK-PINTAR on November 15, 2013 at 10:35 PM said... Reply

nice info artikelnya menarik senang main kemari

order foredi on November 15, 2013 at 10:44 PM said... Reply

makasih gan infonya.
salam kenal dan salam silaturahim, sebab dengan bersilaturahim dan beranjangsana akan membuka pintu rizki bagi kita semua.
Terima kasih dan sukses selalu untuk agan. amien

Konsultan Internet Marketing on November 16, 2013 at 10:22 AM said... Reply

Artike yang menarik, bermanfaat

Solusi Pengobatan penyakit kanker mulut on November 16, 2013 at 10:26 AM said... Reply

Saya mau bertanya, tetapi kalo pertanyaanya di luar topik ini boleh?? Pertanyaan saya bagaimana bisa membuat artikel sebagus ini. mhon pencerahannya karena saya pemula :)

obat asma on November 16, 2013 at 12:47 PM said... Reply

thanks udh share artikelnya

obat asma on November 16, 2013 at 1:26 PM said... Reply

thanks ya atas infonya :D

Harga WSC Biolo on November 16, 2013 at 1:28 PM said... Reply

selamat tahun baru islam 1435 hijriyah,semoga menjadi lebih baik lagi buat semua nya.

obat jantung bocor on November 16, 2013 at 2:49 PM said... Reply

thanks infonya sob :) bermanfaat

mebel jepara on November 16, 2013 at 7:49 PM said... Reply

mkasih infonya mas

obat herbal penyakit kista on November 16, 2013 at 8:15 PM said... Reply

Assalamu'alaikum selamat malam semoga kita senantiasa berada dalam lindungan dan ridho -Nya. Semoga dibulan ini kita bisa mempersiapkan diri untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya . terimakasih

agus on November 17, 2013 at 5:31 AM said... Reply

thanks infony

obat asam lambung on November 17, 2013 at 11:25 AM said... Reply

oke makasih infonya http://goo.gl/YiKRfK

obat maag on November 17, 2013 at 11:38 AM said... Reply

makasih informasinya ya, bermanfaat :)

obat kencing batu on November 17, 2013 at 2:37 PM said... Reply

makasih bnyk informasinya ya

Alam Shuffler on November 17, 2013 at 5:56 PM said... Reply

hanya sekedar koment untuk mendapat baklink ., hehehehe .,

raikiryu.blogspot.com

7liveasia on November 17, 2013 at 6:04 PM said... Reply

good luck infonya

Banjar Bungas on November 18, 2013 at 6:14 AM said... Reply

Numpang Nongolin Blag saya gann

http://bjmtampan.blogspot.com

Makasih

obat batu empedu on November 18, 2013 at 8:08 AM said... Reply

thanks atas infonya yg bermanfaat :)

Cara Mengobati Penyakit Kanker Pankreas on November 18, 2013 at 8:39 AM said... Reply

Tidak ada komentar untuk artikel ini, karena artikel ini sangat bagus dan bermanfaat karena berisi informasi yang penting dan menarik. Jadi untuk apa saya berkomentar,, cukup acungkan jempol saja untuk artikel ini :)
Top deh semoga sukses dan posting terus artikel yang bagus dan menarik

agung on November 18, 2013 at 9:27 AM said... Reply

. terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan..

Obat Herbal Penyakit Thalasemia on November 18, 2013 at 10:29 AM said... Reply

selamat pagi,, salam sehat . semoga hari-hari kita semakin baik kedepannya. terimakasih atas informasinya mudah"an bermanfaat. amin

Mawar Bilang on November 18, 2013 at 10:29 AM said... Reply

Hidup Islam ! :D

obat polip hidung on November 18, 2013 at 10:53 AM said... Reply

artikelnya bermanfaat nih, thanks udh share

obat jantung bocor on November 18, 2013 at 12:49 PM said... Reply

makasih udh share info :)

Obat Alami Untuk Penyakit Alergi on November 18, 2013 at 1:04 PM said... Reply

ok terimaksih share informasinya. semoga bermanfaat !! di tunggu info lebih bagus dan menarik lainya.

obat asam urat tradisional on November 18, 2013 at 1:32 PM said... Reply

oke gan, thx infonya :D

obat sinusitis on November 18, 2013 at 1:46 PM said... Reply

makasih udh share info :)

Kevin Santoso on November 18, 2013 at 3:25 PM said... Reply

wah, info bagus nih. nambah ilmu baru. mampir http://catatankiting.blogspot.com/

obat kolesterol on November 18, 2013 at 3:28 PM said... Reply

makasih utk informasinya ya

Obat Alami Penyakit Kista on November 18, 2013 at 3:46 PM said... Reply

Informasi di atas ternyata telah banyak memberikan wawasan yang sangat bermanfaat. Terimakasih gan.

Bibit Tanaman Murah on November 18, 2013 at 5:23 PM said... Reply

Bulan suro kalo di jawa sih orang tua nyuruh anaknya jangan pergi jauh2 dan hati2 kalo di perjalanan, dangerous katanya.

cara membeli jelly gamat gold-g on November 18, 2013 at 10:15 PM said... Reply

thanks udh share informasinya ya

sumedang news on November 19, 2013 at 1:58 AM said... Reply

terima kasih informasinya gan

obat maag on November 19, 2013 at 8:25 AM said... Reply

thanks udh share :)

Obat ampuh atasi keloid on November 19, 2013 at 9:53 AM said... Reply

tidak ada yang perlu dikomentari untuk artikel ini, karena isinya berisi informasi yang bermanfaat,selain sebagai hiburan untuk pembaca juga bisa menambah wawasan seputar informasi ini. artikel yang bagus dengan konten yang menarik.
thanks gan :)

Obat kutil kelamin on November 19, 2013 at 10:18 AM said... Reply

ternyata mempunyai makna yahh??

Obat Untuk Penyakit Rematik on November 19, 2013 at 10:46 AM said... Reply

Selamat siang, salam semangat ! semoga hari-hari kita kedepannya semakin baik dan lebih baik lagi. terimakasih

obat bronchitis on November 19, 2013 at 11:15 AM said... Reply

terimakasih banyan infonya mas :D salam kenal :D

game android on November 19, 2013 at 2:38 PM said... Reply

yang penting baca doa

CARA AMAN MENGOBATI on November 19, 2013 at 4:18 PM said... Reply

Bulan suro kalo di jawa sih orang tua nyuruh anaknya jangan pergi jauh2 dan hati2 kalo di perjalanan, dangerous katanya.

cara mengobati epilepsi on November 19, 2013 at 10:01 PM said... Reply

makasih bnyk informasinya ya

7LIVEASIA on November 19, 2013 at 11:53 PM said... Reply

wah, jadi lebih tau tentang Islam.. terima kasih ya

Sedot WC Surabaya Barat on November 20, 2013 at 5:55 AM said... Reply

Infonya sangat bermangfaat Gan,
terutama buat Saya semua yang beragama Islam.

Sedot WC Surabaya Utara on November 20, 2013 at 5:58 AM said... Reply

Makasih,,,
mantaaaap infonya:)

Obat Tradisional Penambah Gairah Seksual on November 20, 2013 at 6:32 AM said... Reply

Selamat pagi!!
Semoga semua pembaca dan penulis artikel ini selalu dalam lindungan Allah Swt. Saya gak mau banayk komentar gan tapi ane salut sama agan bisa posting sebagus ini, gimana caranya?

obat asam urat on November 20, 2013 at 7:59 AM said... Reply

makasih informasinya ya, bermanfaat sekali.. sukses trus

carav tepat on November 20, 2013 at 8:32 AM said... Reply

makasih banyak infonya admin, salam kenal ya :D

Obat Untuk Penyait Gula Darah on November 20, 2013 at 9:21 AM said... Reply

Mohon maaf sebelumnya disini saya hanya ikut menyimak apa yang ada didalam informasi diatas, bermanfaat. terimakasih sukses semangat !!

Anhari Abdullah on November 20, 2013 at 12:35 PM said... Reply

keren posting nya. lapor.. follow sukses, follow back ditunggu :D

http://arsegon.blogspot.com

obat maag kronis on November 20, 2013 at 12:49 PM said... Reply

makasih bnyk udh share artikelnya

Muhammad Tasbillah on November 20, 2013 at 1:34 PM said... Reply

thanks brow
http://thazbhy.blogspot.com/

OBAT TRADISIONAL JANTUNG on November 20, 2013 at 2:46 PM said... Reply

postingan yang sempurna :)

Cara Menyembuhkan Lupus on November 20, 2013 at 2:52 PM said... Reply

ikut baca gan, informasinya memberikan pengetahuan lebih thanks ya

obat thalasemia on November 20, 2013 at 3:38 PM said... Reply

thanks udh share

menstrusi tidak teratur on November 20, 2013 at 3:50 PM said... Reply

terima kasih atas infonya

Erik Herbal on November 20, 2013 at 4:10 PM said... Reply

ikut nyimak info yang ini, info yang bagus semoga bermanfaat untuk yang lain, trimakasih..

Adetya on November 20, 2013 at 5:05 PM said... Reply

einfache-besten.blogspot.com/2013/11/idm-bebas-di-update-tanpa-patch.html

terimakasih gan :)

cara mengobati epilepsi on November 20, 2013 at 8:24 PM said... Reply

terima kasih bnyk atas informasinya ya

Pengobatan Herbal Penyakit Liver on November 20, 2013 at 8:39 PM said... Reply

thanks infonya gan, ditunggu potingan selanjutnya. :)

Cara Ampuh Mengobati Asam Urat Secara Cepat on November 20, 2013 at 10:00 PM said... Reply

terimakasih atas semua infonya Gan....

obat mata minus on November 21, 2013 at 1:46 AM said... Reply

amin semoga semua semakin dilancarkan di tahun baru ini

obat maag kronis on November 21, 2013 at 7:45 AM said... Reply

makasih bnyk atas informasinya ya,, sangat bermanfaat. sukses slalu :)

Obat Kanker Payudara on November 21, 2013 at 9:05 AM said... Reply

Informasi yang bermnafaat, termakasih admin atas informasinya

Obat Lambung Bocor on November 21, 2013 at 9:07 AM said... Reply

Terimakasih untuk infonya, sangat Menarik :-)

Obat Tekanan Darah Tinggi on November 21, 2013 at 9:09 AM said... Reply

Keren Gan Beritanya Thanks,

Cara Mengobati Kelenjar Tiroid on November 21, 2013 at 9:11 AM said... Reply

terimakasih untuk informasi yang telah anda berikan

agung on November 21, 2013 at 9:31 AM said... Reply

terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan..

Obat Untuk Penyakit Asma on November 21, 2013 at 11:08 AM said... Reply

Terimakasih atas informasinya . salam semangat yang paling semangat yah mas :)

obat sinusitis on November 21, 2013 at 1:00 PM said... Reply

makasih bnyk atas informasinya ya :) artikel ini nambah wawasan

obat polip hidung on November 21, 2013 at 3:18 PM said... Reply

informasinya bermanfaat, makasih

«Oldest ‹Older 1 – 200 of 556 Newer› Newest»

Apa Komentar Anda..?

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme ! Converted into Blogger Template by Bloganol dot com ! Modified by Link Tea! Blogger