Tuesday, August 21, 2012

Mudik Di Berbagai Negara


  Bagaimana kabar mudik anda tahun ini ?.. semoga aja menyenangkan walau harus bermacet ria.. Kali ini saya akan berbagi info tentang Mudik Di Berbagai Negara hasil dolanan ke blog tetangga. Namun sebelumnya kepada para sahabat dengan tulus saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H.  Mohon maaf lahir dan batin.

Ternyata istilah mudik yang dimaknai sebagai tradisi pulang ke udik atau pulang kampung pada momentum tertentu bukan hanya milik masyarakat Indonesia saja, karena diberbagai negarapun ada yang memiliki tradisi ini hanya istilahnya saja yang berbeda.

Tradisi mudik lebih banyak dikaitkkan dengan kerinduan terhadap asal-usul, keluarga, dan tanah kelahiran atau kampung halaman. Setinggi-tingginya bangau terbang, akhirnya ke kubangan juga. Bukan begitu ??

Ok inilah sebagian Tradisi Mudik Di Berbagai Negara :

1. Indonesia

Sudah jelas mudik delakukan pada saat merayakan hari2 besar keagamaan terutama saat Idul Fitri bagi kaum muslim . Tujuan umumnya untuk pulang kampung berkumpul dan silaturahim dengan sanak saudara, saling bermaafan, nyekar atau ziarah ke pekuburan dan berbagai kegiatan lainya.

2. Malaaysia

Di Malaysia, tradisi mudik dikenal dengan nama “balik kampong”. Masyarakat Malaysia balik kampong tak hanya pada saat Lebaran, tetapi juga saat tahun baru Imlek.

3. China 

Setiap menjelang Imlek atau tahun baru cina, sebagian besar penduduk Cina memutuskan mudik atau pulang kampung setiap menjelang Imlek atau tahun baru cina untuk  menghadiri perjamuan dan perayaan bersama keluarga dan teman. 

4. Bangladesh

Sama derngan Indonesia, mudik dilakukan jelang Idul Fitri karena mayoritas warganya memeluk agama islam. Beberapa hari sebelum Idul Fitri, seperti di Indonesia, arus mudik di Bangladesh sudah menampakkan geliatnya dimana orang-orang berbondong-bondong menyerbu terminal bis, stasiun kereta api dan perahu sungai.

5. India

Mudik di lakukan setiap tahun guna merayakan Festival of Lights , yaitu salah satu upacara dalam agama Hindu di India. Begitu juga bagi umat Islam negerinya Shah Rukh Khan berbondong-bondong pulang kampung saat mau merayakan lebaran Idul Fitri dikampung halamannya, mereka saling mengirim makanan, bersilaturahmi, bersalam-salaman, dan membagikan sedekah.

6. Pakistan

Mudik dilakukan saat  menjelang Lebaran, jutaan orang Pakistan pulang ke kampung halaman. Sama seperti di Indonesia, mereka mudik untuk berkumpul dengan orangtua dan sanak saudara. Ribuan polisi dan kamera pengintai pun ditempatkan di berbagai lokasi, demi menjamin kelancaran dan keamanan orang-orang yang mudik.

7. Amerika Serikat

Tradisi mudik di Amerika Serikat biasanya dilakukan saat menjelang perayaan Thanksgiving yang merupakan liburan populer di AS karena momen ini adalah kesempatan orang Amerika untuk mengunjungi sanak familinya. waktunya pada setiap hari kamis keempat  bulan November.

8. Mesir

Bagi warga Mesir Idul Fitri tidak dirayakan secara besar-besaran, mereka menganggap hanya sebagai Id el-Shogayar yang berarti Hari Raya Kecil. Perayaan besar-besaran dilakukan saat merayakan Hari Raya Idul Adha yang dianggap sebagai Idul Kabir atau Hari Raya Besar. Namun tetap saja, dikedua hari raya ini mereka akan saling bersilturahim dengan sanak keluarga . Disamping itu saat liburan hari raya ini banyak warga Mesir yang berkumpul di pinggiran sungai Nil untuk menikmati liburannya sambil mengenakan pakaian terbaru mereka.

9. Arab Saudi

Mudik dilakukan saat merayakan Idul Fitri dan idul Adha. Biasanya sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri mereka menata rumah agar terlihat indah ketika dikunjungi tetangga atau keluarga. Untuk menyambut tamu yang datang ke rumah, banyak warga juga berlomba-lomba untuk menyajikan berbagai penganan terenak – dan kadang mahal – serta berbagai jenis penganan tradisional. Berbagai festival dan pertunjukan seni juga  banyak digelar selama perayaan Hari Raya tersebut.

10. Turki

Mudik dikenal dengan istilah Bayram, mereka pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga dan saling mengunjungi satu samalain saling bermaaf-maafan. kemudian dilanjutkan mengunjungi makam orangtua atau keluarga, menaburkan bunga di makam mereka. Berbeda dengan di Indonesia, kegiatan mengunjungi makam keluarga di Turki dilakukan secara besar-besaran dan ditandai dengan maraknya kemunculan pasar bunga di beberapa daerah di negara tersebut.

11. Nigeria

Mudik di Nigeria dilakukan saat menjelang Idul Fitri yang ditetapkan sebagai hari libur nasional selama 2 hari. Banyak umat Muslim pulang ke kampung halaman masing-masing untuk mengunjungi keluarga dan kerabat serta nyekar ke kuran keluarga.

Itulah Mudik Lebaran Di Berbagai Negara.. Nah bagaimana dengan mudik sobat semua ?? menyenangkan gak ??


  1. Thanks telah mampir, .. Apa komentar sobat tentang artikel ini ??
  2. Bila Berkenan Tolong share/bagikan dengan tombol share di atas.
  3. Gratis langganan Artikel,silahkan klik Subscribe to Link Tea by Email, atau masukan emailnya disidebar yg telah disediakan..

Sobat sedang membaca artikel Mudik Di Berbagai Negara, bila berkenan silahkan share artikel ini dengan tombol share di atas. Bila mau COPAS untuk di blog sobat, mohon letakkan link aktif sebagai Sumbernya dengan copy kode di bawah ini.

212 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 212   Newer›   Newest»
nourash! on August 21, 2012 at 12:25 PM said... Reply

happy idul fitri ,,,,nice post

jasa like facebook on August 22, 2012 at 12:35 AM said... Reply

mohon maaf lahir dan batin

tradisidofollow on August 22, 2012 at 1:05 AM said... Reply

sebelumnya setau saya hanya di indonesia yang ada tradisi seperti ini...mantaplah postingannya,.....

cara alami mengobati bronkitis on August 23, 2012 at 10:37 AM said... Reply

mantap infonya gan... ikut mudik g nih...?

cara mengobati stroke alami on August 23, 2012 at 10:38 AM said... Reply

wah tradisi inimemang ada di kebanyakan negara y gan

obat penyakit keputihan on August 23, 2012 at 10:39 AM said... Reply

mohon maaf lahir bati.... hati2 di jalan

xamthone plus on August 24, 2012 at 11:31 AM said... Reply

kemarin mudik kemana nih gan???

iklan baris on August 24, 2012 at 1:30 PM said... Reply

mhon mav lhir btin.. :)

zhanaz48 on August 24, 2012 at 2:42 PM said... Reply

Hahahhahaaa..

Mudiiikk maasssaaallll..

Belanja Online on August 24, 2012 at 2:54 PM said... Reply

bakalan lebih menarik kalo disertai gambar kang...
ane yakin pasti heboh2 tuh macetnya pas mudik...
:)

Foto Bugil on August 24, 2012 at 3:34 PM said... Reply

izin nyimak gannnn

obat reumatik tradisional on August 24, 2012 at 3:40 PM said... Reply

wah seru juga ya mudik di negara orang ..
lebih heboh ternyata .haha

Achmad Arrosyid on August 24, 2012 at 4:37 PM said... Reply

Mohon Maaf Lahir dan Batin...

Tri Anggodo on August 24, 2012 at 7:55 PM said... Reply

wah saya mah nggak mudik gan,,lagi nggak ada duit.. lagi pula kalo pas lebaran mudik mahal ongkosnya.hehehehe.. mohon maaf lahir batin ya..

obat penyakit sifilis on August 24, 2012 at 9:44 PM said... Reply

semoga selamat sampai tujuan dan bisa bertemu dengan sanak sodara

Cara alami mengobati darah tinggi on August 24, 2012 at 9:46 PM said... Reply

maafkan semua yang telah ku perbuat...mohon maaf lahir batin

jelly gamat luxor on August 24, 2012 at 9:47 PM said... Reply

utamakan keselamatan selamat arus balik heheh

obat herbal HIV / AIDS on August 24, 2012 at 9:48 PM said... Reply

Kenapa ya tiap kali musim mudik pasta aja ada kecelakaan ?

Cara mengobati sakit pinggang alami on August 24, 2012 at 9:48 PM said... Reply

YANG EMPUNYA BLOG IKUT MUDIK G NIH...?

Rizal Nurhidayat on August 25, 2012 at 7:31 AM said... Reply

Ternyata mudik nggak cuma di Indonesia aja, di negara laen juga ada mudik... Nice info sobh...

obat herbal acemaxs on August 25, 2012 at 7:49 AM said... Reply

astagfirulooh .. itu orang banyak bner ,, hmm

obat penyakit pneumonia herbal on August 25, 2012 at 8:06 AM said... Reply

Saya baru tahu neh, ternyata di mesir tradisinya seperti itu ya. Hari Raya Idul Adha yang lebih ramenya.

Muhammad Khoirul Umam on August 25, 2012 at 10:25 AM said... Reply

Nice info sob. . . Mantab. Salam kenal ya.

Ceritadanwarta on August 25, 2012 at 11:42 AM said... Reply

Ya nggak cuma Indonesia dong yang punya tradisi mudik. Tapi yang paling buanyak orangnya waktu mudik kan di China. Waktu tahun baruan Imlek. Ceritadanwarta

Cara pemesanan jelly gamat on August 25, 2012 at 2:50 PM said... Reply

tuh yang nyepam orang gila

zhanaz48 on August 25, 2012 at 4:11 PM said... Reply

Untuk saya udah balik mudik sobbb.. heheheee..

Cara Mengobati Tumor Rahang on August 25, 2012 at 4:23 PM said... Reply


wah bagus banget nih infonya

Obat Alami Keputihan on August 25, 2012 at 4:23 PM said... Reply


menarik juga untuk di simak

Nusa on August 25, 2012 at 5:47 PM said... Reply

met mudik, hati-hati semoga selamat sampai tujuan.

pengobatan alami asam urat on August 25, 2012 at 9:36 PM said... Reply

ternyata bukan di kita aja ya yang punya tradisi mudik ini..heebaatt

Fikri Al-mabrur on August 25, 2012 at 10:18 PM said... Reply

Salam Kenal.....
www.fikrialmabrur.blogspot.com

jam tangan casio original murah on August 26, 2012 at 10:27 AM said... Reply

Assalamu `alaikum.
Salam kenal mas...
Baru tau, ada mudik juga di luar sana.
Thx infonya...

jam tangan casio original murah on August 26, 2012 at 10:28 AM said... Reply

Assalamu `alaikum.
Salam kenal mas...
Baru tau, ada mudik juga di luar sana.
Thx infonya...

agen ace maxs bekasi on August 26, 2012 at 12:07 PM said... Reply

saya kira hanya di indo ada mudik ternyata china dan india juga ikut-ikutan

Dwinkha Agita Putri on August 26, 2012 at 12:16 PM said... Reply

Wah ternyata bukan Indonesia aja yg budayakan Mudik

karakter pendidikan on August 26, 2012 at 6:11 PM said... Reply

Di Indonesia mudiknya terkenal dengan kemacetan, sampai berpuluh-puluh kilometer.

obat herbal demam berdarah on August 26, 2012 at 11:16 PM said... Reply

waw ternyata bukan hanya di indonesia saja mudik di lakukan di negara lain juga ada bahkan lebih unik

Saung Link on August 27, 2012 at 2:57 AM said... Reply

Sekarang bukan mudik lagi tapi dah miduk

Link Cantik on August 27, 2012 at 3:33 AM said... Reply

Halah lihat fotonya aja capek.. apalagi yg mudiknya ya..

Obat Alternatif Asam Urat on August 27, 2012 at 7:47 AM said... Reply

ternayata bukan hanya orang indonesia saja yang melakukan mudik untuk merayakan idul fitri tepai banyak pula negara lainya bahkan seperti negara nigeria

obat herbal alami on August 27, 2012 at 11:03 AM said... Reply

ternyata ga cuma di indonesia...
di negara lain juga ada budaya mudik.....

obat herbal penyakit ginjal on August 27, 2012 at 11:06 AM said... Reply

suasana mudik nya sama ga yah kaya di indonesia?

Hari Narmadi on August 27, 2012 at 11:24 AM said... Reply

Mudik mengang hal yang paling seru...

obat herbal kanker hati on August 27, 2012 at 11:42 AM said... Reply

gila banget tuh gan gambar nya.....

obat herbal kanker payudara on August 27, 2012 at 11:49 AM said... Reply

seperti nya memang sama kondisi mudik di berbagai negara lain dengan indonesia.

Pengobatan Herbal Penyakit Gondok on August 27, 2012 at 11:57 AM said... Reply

lihat org yg mudik kyaknya cape tuh........... Hheeeee

obat alami pendarahan lambung on August 27, 2012 at 12:00 PM said... Reply

mles bnget tuh mudik,, les capenya..ckckckcck

klasifikasi diabetes melitus on August 27, 2012 at 12:01 PM said... Reply

mudik emang udah jadi tradisi yang tidak bisa d lupakan

pengobatan alami Jantung Bocor on August 27, 2012 at 12:01 PM said... Reply

belum pernah mudik aku,, pngen nyobain.. :D

Pengobatan Herbal mioma on August 27, 2012 at 12:03 PM said... Reply

trnyta ngra lain juga sibuk brbondong" untk mudik..

Obat herbal gagal ginjal on August 27, 2012 at 12:44 PM said... Reply

apakah agan sudah mudik?

Obat herbal wasir on August 27, 2012 at 12:45 PM said... Reply

informasi yg sangat menarik nih sob :D

Sedot Wc on August 27, 2012 at 2:34 PM said... Reply

Kasian ane ga mudik kali ini... :(

Obat Tradisional on August 27, 2012 at 10:15 PM said... Reply

ternyata mudik tak cuma milik indonesia ya???

Grosir Jilbab on August 27, 2012 at 10:17 PM said... Reply

mudik adalah milik umat manusia, dimanapun berada..

Osteoporosis on August 27, 2012 at 11:45 PM said... Reply

Wah ternyata tradisi mudik bukan ada di indonesia saja ya gan ??

Alzheimer on August 27, 2012 at 11:47 PM said... Reply

Wah yang namanya mudik, ternyata bukan di negara indonesia saja ya !!

Dhidhit on August 28, 2012 at 11:05 AM said... Reply

Ternyata tradisi mudik tidak hanya terjadi di Indonesia

Dhidhit on August 28, 2012 at 11:09 AM said... Reply

Bagi yang ingin mudik atau liburan di Jogja, saya mempunyai Peta Yogyakarta

Paket Tour Wisata Muslim on August 28, 2012 at 2:05 PM said... Reply

widiiihhh gilaaa itu mudik apa rombongan? hahaha

Obat herbal ambeien on August 28, 2012 at 2:55 PM said... Reply

Kunjungan pertama.. salam kenal sob

Cheat Point Blank™ on August 28, 2012 at 4:50 PM said... Reply

Nice share sob :)

mampir balik ke blog saya

http://freezher.blogspot.com/

Compie Info on August 28, 2012 at 7:16 PM said... Reply

Hahaha ane baru tau ternyata dimana-mana ada mudik, Nice Share :)

management consultant on August 28, 2012 at 7:39 PM said... Reply

Wah kalau diberbagai negara ada mudik, berarti setiap setahun sekali ibukota menjadi sepi seperti jakarta sekarang ini...:D

satriapanjikusuma.blogspot.com on August 28, 2012 at 9:11 PM said... Reply

wah wah kayak di indonesia ya...

Obat Penyakit Demam Berdarah on August 28, 2012 at 9:11 PM said... Reply

wah, saya kira tradisi mudik itu hanya terjadi di negara kita tercinta ini. ternyata ada beberapa negara yang juga melakukannya.

obat penyakit rematik on August 28, 2012 at 10:32 PM said... Reply

WAH TERNAYTA mudik g di negara kita saja ea

obat penyakit glaukoma on August 28, 2012 at 10:34 PM said... Reply

yang penting selalu hati2 aja

cara mengobati osteoporosis alami on August 28, 2012 at 10:35 PM said... Reply

wihhhhh ternyata mudik ada di mana mana ea

Jasa Pembuatan Website Murah on August 29, 2012 at 12:48 AM said... Reply

kapan yah mudik keluar negri wakakaka

obat tradisional gondok on August 29, 2012 at 11:16 AM said... Reply

mungkin karena banyak nya orang muslim di dunia ini , jadi mereka juga ingin merasakan aroma yang harmonis seperti di indonesia ini .

cara beli xamtone on August 29, 2012 at 11:31 AM said... Reply

baru pulang mudik , sekarang lanjut blog walking :D

cara order xamthone plus on August 29, 2012 at 2:06 PM said... Reply

blogwalking gan ,,, selamat mudik untuk yang sedang menjalankannya

zhanaz48 on August 29, 2012 at 3:24 PM said... Reply

Udah balik mudik saya sobbbbb...

tukak lambung on August 29, 2012 at 3:31 PM said... Reply

Syah Rukh Khan mudik juga yoo,

Varminz on August 29, 2012 at 7:09 PM said... Reply

Wah... gilee.. baru tau negara lain juga ada tradisi mudik... kirain di indonesia doang.. :D

Ambeien on August 29, 2012 at 9:50 PM said... Reply

Tenyata acara mudik di negara orang jg ada ya gan ??

cara konsumsi obat xamthone plus on August 30, 2012 at 8:03 AM said... Reply

mudik adalah saat-saat yang kutunggu

technodig on August 30, 2012 at 11:02 AM said... Reply

met lebaran gan

Pusat Obat Herbal on August 30, 2012 at 11:57 AM said... Reply

Wahh,,,ketinggallan nie...hehe
memang tradisi ini sungguh sangat extrem kalo menurut saya, kenapa tidak tingkat kecelakaan mematikan mudik di indonesia nyampe 600-an kecelakaan yang menyebabkan kematian..
terimaksih Informasinya.

pengobatan tradisional asam urat on August 30, 2012 at 1:10 PM said... Reply

selamat hari lebaran...


tapi tetap yang fenomenal tetap di indonesia dong

Agen xamthone plus bandung on August 30, 2012 at 1:53 PM said... Reply

Ciri khas di Indonesia udah pasti maceeettt,,,!!

obat tradisional sesak nafas on August 30, 2012 at 6:52 PM said... Reply

selamat arus balik , semoga selamat sampai tujuan bagi yang balik ke kota

Home improvement on August 31, 2012 at 4:06 AM said... Reply

indonesia the best lah mudik nya...

Rahman on August 31, 2012 at 4:05 PM said... Reply

Wahh ternyata tradisi mudik atau pulang kampung ga hanya terjadi di Indonesia saja ya . :)

bank syariah on August 31, 2012 at 11:20 PM said... Reply

ternyata di luar juga sama ya. emang mudik adalah hal yang mengasyikkan

obat jantung koroner herbal on September 1, 2012 at 12:06 PM said... Reply

saya baru tahu, dikira tradisi mudik dan mengunjungi kampung halaman hanya di indonesia saja.
gambar kepadatannya juga tidak jauh berbeda dengan indonesia

obat penyakit tbc on September 1, 2012 at 1:52 PM said... Reply

kirain di indonesia aja kaya gitu.......

pengobatan tradisional gagal ginjal on September 1, 2012 at 1:53 PM said... Reply

indonesia memang nmr satu klo masalah mudik....

pengobatan tradisional osteoporosis on September 1, 2012 at 1:54 PM said... Reply

selamat lebaran aja ya........

Dhidhit on September 2, 2012 at 6:19 PM said... Reply

Banyak negara yang mempunyai tradisi mudik

download theme windows 7 on September 2, 2012 at 8:31 PM said... Reply

ga nyangka diluar negeri ada juga tradisi mudik... tp macet atau ga ya?

Dhidhit on September 2, 2012 at 9:46 PM said... Reply

Mudik setiap Negara mempunyai waktu yang berbeda beda

fahmyramdani on September 3, 2012 at 12:31 AM said... Reply

kirai kebiasaan mudik cuman di indonesia doang,, eh ternyata di luar negeri juga ada ia...
tapi pasti gk bakalan macet ah di luar negeri mh

rental ac on September 3, 2012 at 11:03 AM said... Reply

mudik memang sudah seharusnya menjadi suatu kebiasaan setiap orang diberbagai negara. karena setiap orang akan mengunjungi sanak saudaranya untuk silahturahmi

Berita Bola Terbaru on September 3, 2012 at 7:51 PM said... Reply

ternyata di negara lain juga ada event mudik ya hehehe

nice info sob :)

Alexa on September 4, 2012 at 8:45 AM said... Reply

Wiih kayak pindang aaja ya.. pemandangan yang ironis

Photoscape on September 4, 2012 at 8:47 AM said... Reply

Nyimak dulu ah..

zahra on September 6, 2012 at 9:52 AM said... Reply

kirain cuma di indonesia aja yg ada mudik :D

Benteng on September 7, 2012 at 12:58 AM said... Reply

gila sampai2.. diatas kereta bahaya tu.. hehe

fahmyramdani on September 7, 2012 at 2:13 PM said... Reply

semua juga pasti suka mudik, akan tetapi di indonesia itu sudah di budayakan dengan kemacetan

VPS Murah on September 7, 2012 at 2:25 PM said... Reply

Mudik itu silaturahmi + perputaran uang dari Ibukota ke daerah :D

Dhidhit on September 7, 2012 at 3:54 PM said... Reply

Mudik, senangnya saat mudik

obat penyakit diabetes on September 7, 2012 at 11:53 PM said... Reply

wahh,,, sayang yah saya ga pernah ngerasain mudik :(

ace maxs on September 8, 2012 at 9:12 AM said... Reply

busett masnusia sudahh kaya semutt aja yah :)

Hanif on September 8, 2012 at 7:28 PM said... Reply

Udah mudik selesai

ZOPRAN MOBILE BLOG on September 9, 2012 at 12:43 PM said... Reply

setiap negara/daerah mempunya adat istiadat/kebiasaan yang berbeda2, jadi tidak heran dalam Moment IDul Fitri pun berberda2 dan beragam

Obat Alami Insomnia on September 10, 2012 at 4:13 PM said... Reply



Infonya cukup bermanfaat banget gan

Cara Mengobati Lupus on September 10, 2012 at 4:14 PM said... Reply


Makasih ya atas info-infonya

Obat Alami Kanker Hati on September 10, 2012 at 4:14 PM said... Reply


Semoga sukses selalu

Cara Mengobati Luka Bakar on September 10, 2012 at 4:14 PM said... Reply


Jangan Lupa mampir balik ya

tia on September 11, 2012 at 10:37 AM said... Reply

kirain mudik cuma ada di indonesia :D

Motivator Indonesia on September 11, 2012 at 10:38 AM said... Reply

setiap negara/daerah mempunya adat istiadat/kebiasaan yang berbeda2, jadi tidak heran dalam Moment IDul Fitri pun berberda2 dan beragam

Parking on September 11, 2012 at 10:42 AM said... Reply

Wah... gilee.. baru tau negara lain juga ada tradisi mudik... kirain di indonesia doang.. :D

amstrong indonesia on September 11, 2012 at 10:45 AM said... Reply

saya baru tau gan ada tradisi mudik juga di luar negri, unik juga yah heheheh

industrial maintenance said... Reply

Ya nggak cuma Indonesia dong yang punya tradisi mudik. Tapi yang paling buanyak orangnya waktu mudik kan di China. Waktu tahun baruan Imlek.

Dhidhit on September 11, 2012 at 10:58 AM said... Reply

Mudik telah lewat

industrial maintenance on September 11, 2012 at 11:03 AM said... Reply

wah di luar negri ternyata juga sama aja pas lebaran pada rame2 mudik hahaha

ace maxs on September 12, 2012 at 10:02 AM said... Reply

mantap gan.. saya kemaren mudik macett bangett.. hadeuh memang udah jadi khas indonesia ia gan

DIET PALING AMAN on September 12, 2012 at 11:18 AM said... Reply

kapan yah ane bisa mudik ke negeri orang he

pengobatan hiv aids on September 13, 2012 at 9:38 AM said... Reply

wah gan kalo mudik kaya gitu, ... bahaya ...

pengobatan penyakit jantung on September 13, 2012 at 9:39 AM said... Reply

info yang sangat bermanfaat sekali sob, ....

pengobatan stroke on September 13, 2012 at 9:40 AM said... Reply

artikel yang bagus buat di simak, ...

cara menjadi member ace maxs on September 14, 2012 at 10:20 PM said... Reply

saya juga mudik ke babakan muncang yang jaraknya lumayan agak jauh dari kota tasikmalaya

agen ace maxs solo on September 14, 2012 at 10:27 PM said... Reply

simak postingan yang lain ya

Ace Maxs on September 18, 2012 at 3:21 PM said... Reply

bagus banget artikelnya

pengobatan herbal kanker payudara on September 25, 2012 at 11:22 AM said... Reply

wadug kagak salah tuh gan ????

obat ace max's on September 29, 2012 at 1:50 PM said... Reply

menjadi rekor dunia mudik kaya gini,

cara pemesanan ace maxs on October 24, 2012 at 6:51 AM said... Reply

saya kira mudik cuma ada di Indonesia

Obat Asam Urat on October 25, 2012 at 2:23 PM said... Reply

Ternyata di negara lain jga ada tradisi mudik seperti di indonesia ya ga..???
Makasih bnyak infonya...

agen xamthone on October 29, 2012 at 3:23 PM said... Reply

baru tau negara lain juga ada mudik...

jasa web desain on October 29, 2012 at 3:26 PM said... Reply

thank's infonya gan!!

jasa buat website murah on October 30, 2012 at 8:48 AM said... Reply

kapan yah bisa jalan2 keluar negeri

sewa mobil disurabaya on November 9, 2012 at 1:31 PM said... Reply

semua orang di berbagai negara jadi mudik nih.. :D

iklan baris tanpa daftar on November 9, 2012 at 1:32 PM said... Reply

thanks sudah berbagi infonya kawan.. heheh

kay on November 14, 2012 at 10:20 AM said... Reply

thank's infonya gan!!

fahmy on November 27, 2012 at 11:22 AM said... Reply

terimakaih gan atasi informasinya, anda sangat bermanfaat

anis on November 30, 2012 at 3:26 PM said... Reply

Informasinya sangat bagus dan menarik, dengan adanya pemberitahuan ini mungkin saya tidak bisa mengetahui apa info yang baru. Tapi dengan fostingan Anda saya bisa menambah ilmu pengetahuan saya. Terimakasih!

bella on November 30, 2012 at 3:26 PM said... Reply

Saya sangat bangga pada diri Anda, karena bisa memberitahukan imajinasi yang baru untuk bisa diketahui oleh orang banyak. Salut, info yang sangat bagus. Teruskan gan!

citra on November 30, 2012 at 3:27 PM said... Reply

Ini yang saya cari, dengan informasi ini saya bisa lebih mengetahui apa yang belum pernah saya ketahui sebelumnya. Terimakasih! Lanjutkan….

casino sbobet on December 5, 2012 at 4:32 PM said... Reply

sebelumnya setau saya hanya di indonesia yang ada tradisi seperti ini...mantaplah postingannya,.....

agen sbobet on December 5, 2012 at 4:33 PM said... Reply

thank's infonya gan!!

agen sbobet on December 5, 2012 at 4:33 PM said... Reply

trnyta ngra lain juga sibuk brbondong" untk mudik..

obat herbal miom on December 5, 2012 at 5:36 PM said... Reply

ternyata di luar negeri juga pada mudik ya...
hehehe..

obat trigliserida tinggi on December 5, 2012 at 5:36 PM said... Reply

selamat idul fitri ya kawan....

obat herbal jantung bocor on December 5, 2012 at 5:37 PM said... Reply

artikel yang menarik sob...
makasih ya...

obat herbal flek paru paru on December 5, 2012 at 5:38 PM said... Reply

yang mudik banyak sekali ya, uda kaya apaan aja tuh banyaknya,,,,,
hehehehe....

xamthone on December 6, 2012 at 9:25 PM said... Reply

ternyata di luar negeri juga sama kaya di indonesia ya...sampe ke atas2 kereta api juga...

obat alami asam urat on December 6, 2012 at 9:26 PM said... Reply

selamat idul fitri ya..

obat alami diabetes on December 6, 2012 at 9:26 PM said... Reply

kemarin mudik jalan2 kemana ne...
hehehhee...

obat keputihan alami on December 6, 2012 at 9:27 PM said... Reply

buset fotonya serem banget ya kebanyakan orangnya...

obat alami darah tinggi on December 6, 2012 at 9:28 PM said... Reply

thx buat infonya ya sob...
keren postnya..

cara mengobati asam urat on December 15, 2012 at 9:41 AM said... Reply

wah mudik memang bnr2 tradsi di negara orang lain juga ya

ace maxs on December 21, 2012 at 12:27 PM said... Reply

waduhh parahh ,, hihiii padett abngett Indonesia no 1 lagii :(

dena andriani on December 26, 2012 at 11:16 AM said... Reply

waduuh parah n lucu banget ,,jhaa

ace maxs on December 28, 2012 at 1:27 PM said... Reply

bikin ketawa aje gan,,,mantepp postnya

agen sbobet casino on December 28, 2012 at 3:39 PM said... Reply

mayoritas di indonesia muslim jadi mudik kalo lebaran doang

rental dehumidifier on December 28, 2012 at 3:43 PM said... Reply

wah ternyata ada juga negara yg mayoritas agama islam selain indonesia

taruhan bola online on December 28, 2012 at 3:46 PM said... Reply

cuman Amerika doang yg bukan mudik di hari lebaran

obat alami ejakulasi dini on December 29, 2012 at 3:23 PM said... Reply

oh ada juga mudik di negara lain.,.,.

Pusat obat herbal on January 3, 2013 at 7:14 AM said... Reply

karena komentarnya sekarang saya ngucapin selamat tahun baru 2013,,he tak nyambung ya?

Pusat obat herbal on January 3, 2013 at 8:48 AM said... Reply

es krim,, eh ekstrim,,,ha

Obat Alami Ace Maxs on January 28, 2013 at 8:49 AM said... Reply

ternyata beda-beda y

Belanja Online on February 13, 2013 at 10:14 AM said... Reply

Orang di china sana juga ikut mudik kok . Karena disana juga perayaan musim semi dan juga saat untuk kumpul bersama keluarga

Sedot WC Surabaya on March 2, 2013 at 5:02 AM said... Reply

salam kenal mas admin, Terimakasih infonya.

mengobati darah tinggi on March 15, 2013 at 8:12 AM said... Reply

Waw... :D
makasih artikelnya.. :)

penjual jelly gamat on March 15, 2013 at 8:14 AM said... Reply

wahh.. beda" ya..
yg jelas, mudik psti penuhh deh..

aiuum on April 4, 2013 at 12:12 PM said... Reply

terimasih informasinya semoga makin sukses

Obat Alami Radang Tenggorokan on April 11, 2013 at 3:56 PM said... Reply

Menarik sekali..
Artikel yang Anda berikan sangat bermanfaat,,
salam semangat..

yadi on April 26, 2013 at 2:42 PM said... Reply

liat aja udah ngeri apalagi kalau nyobain naik iiihiihihii serem abis

odoy on April 26, 2013 at 2:43 PM said... Reply

ikut nyimak artikelnya, ini baru bilang waw.,.,.,

obat miom on May 1, 2013 at 1:39 PM said... Reply

waah,, beragam ya.. :D

obat maag on May 1, 2013 at 2:01 PM said... Reply

makasih utk artikelnya

irnalia on May 8, 2013 at 2:32 PM said... Reply

saya suka sama blog ini , postingannya baru baru

Obat Thalasemia Alami on May 11, 2013 at 4:22 PM said... Reply

sip,,, gan informasinya begitu menarik... terimakasih...

cepi on June 11, 2013 at 8:17 AM said... Reply

wah asyikk tuh ,nanti mau ksana ah sama keliuarga ...

agus sidik on June 12, 2013 at 8:23 AM said... Reply

salam kehormatan, mhn maaf ya

didik on June 12, 2013 at 8:24 AM said... Reply

dari lubuk hati yang paling dalam, mohon maaf lahir dan batin

«Oldest ‹Older 1 – 200 of 212 Newer› Newest»

Apa Komentar Anda..?

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme ! Converted into Blogger Template by Bloganol dot com ! Modified by Link Tea! Blogger